RSS

Membuat Mail merge yang sumber datanya dari Ms. Access

20 Jul

Seperti halnya membuat mail merge yang sumber datanya dari Ms. Excel. Kita pertama – tama membuat tabel data mahasiswa pada Ms. Access sebagai berikut :

Mahasiswa
NIM Nama Mahasiswa Jurusan Alamat Kota
001 Muhammad Ichsan BA Jl. Munjul No. 12 Purwakarta
002 Dek Nada OM Jl. Cempaka No. 5 Cikampek
003 Rian Febrian OM Jl. Maung IIC No. 2 Cikampek
004 Chicka Jessica BA PERUM BUNGA Blok A1 Subang

Jangan lupa tentukan Primary keys pada database yang kita buat di Ms. Access.

Data tersebut kita save pada drive di komputer kemudian kita mengetik Naskah Surat Undangan Rapat Awal Semester seperti di bawah ini.

Nomor : 112/Lp3i/III/2011                                                                                                      20 Juli 2011
Lampiran : –

Hal : Undangan Rapat

Kepada Yth :

Di

Salam hormat,
Segala puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas rahmat-Nyalah kita berada dalam keadaan sehat dan selalu mendapat perlindungan dari-Nya.

Sehubungan dengan akan dilaksankannya Acara Rapat awal Semester, kami selaku panitia mengudang para mahasiswa dan mahasiswi Lp3i Purwakarta untuk menghadiri rapat pada :

Hari/Tanggal          : Sabtu, 23 Juli 2011
Waktu                  : 09.00 WIB
Tempat                 : Campus Lp3i Purwakarta

Demikian undangan ini kami sampaikan, mengingat pentingnya acara ini maka kehadiran Mahasiswa/mahasiswi Lp3i Purwakarta untuk hadir tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia

M Arif Akbar

Berikut adalah panduan dan langkah langkah menggunakan fasilitas mail merge pada Microsoft word 2007; 1.       Buatlah dukumen baru pada Microsoft word

2.       Pilih ‘mailing menu’

3.       Pilih Ikon ‘start mail merge’

4.       Buat atau siapkan dokumen utama (main dokumen) yang bisa berupa surat, email, amplop dsb

5.       Buat atau pilih alamat sebagai sumber data (data source)

  • Ketik daftar baru (new list) untuk membuat alamat sumber data baru
  • Ketik daftar yang tersedia (existing list) utnuk menggunakan sumber data yang sudah tersedia, seperti MS Excel document, database access, dsb

6.       Buat data atau isi pada dokumen utama

7.       Untuk melihat hasilnya, klik Ikon ‘preview’

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 20, 2011 in UAS

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: